UIN Perbaharui Kurikulum, Mahasiswa Tidak Tahu

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

lpmrhetor.com, UIN Suka – Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangkan Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengharuskan semua Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia memperbaharui desain kurikulum berdasarkan acuan KKNI menimbulkan banyak ketidaktahuan di kalangan mahasiswa hingga kini. Tidak terkecuali apa yang terjadi di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sejak tahun akademik 2013/2014, UIN memang telah menerapkan Permen tersebut, namun pada tahun 2016, UIN melakukan pembaharuan. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Sutrisno.

“Sistem kurikulum KKNI sudah didesain dan diterapkan di UIN sejak tahun 2013/2014 lalu, dan pada tahun 2016 di re-design (perbaharui-red) lagi,” katanya.

Terkait dengan pembaharuan tersebut, banyak mahasiswa yang tidak tahu menahu. Salah satunya Sidik, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). “Aku enggak tahu, tanya aja ke dosen atau birokrasi,” ucap mahasiswa semester empat itu.

Begitupun apa yang dikatakan oleh Andre, salah satu mahasiswa Manajemen Dakwah. Ia mengaku tidak pernah ada sosialisasi terkait perubahan desain kurikulum. “Tidak pernah ada, sampai sekarang saya hanya mengikuti apa yang diperintahkan dosen,” tuturnya.

Terkait dengan kebingungan yang dialami oleh mahasiswa, Sutrisno menanggapi enteng. “Dosen, mahasiswa, atau pun pengelola, sama saja. Siapa yang mau mencari, dia yang menemukan duluan perkembangan tersebut,” katanya.[]

 

Reporter: Septia Annur Rizkia

Editor: Fahri Hilmi

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi