Menapaki Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan gerak Bojonegoro. Dok. Rhetor/Rizka.

lpmrhetor.com, Yogyakarta – Bojonegoro menyajikan berbagai wisata menarik, salah satunya yaitu Bendungan Gerak yang terletak di kecamatan Trucuk kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Sejarahnya, bendungan multifungsi di sungai Bengawan ini, dibangun dari dana Japan International Corporation Agency (JICA).

Bendungan Gerak sangat  bermanfaat bagi para petani sebagai persediaan air disaat musim kemarau untuk kebutuhan industri dan lain sebagainya. Selain itu, bendungan juga berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air baku bagi industri dan rumah tangga, irigasi serta bendungan tersebutkerap dijadikan sebagai objek wisata di Bojonegoro.

Selain terletak di desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, bendungan ini juga terletak di Desa Ngirinharjo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Dikatakan terletak di dua desa karena bendungan gerak ini melintang ke atas sungai Bengawan Solo sehingga menyambungkan dua desa. Secara moril dan imateril, kedua desa tersebut diuntungkan dengan adanya jembatan bendungan gerak yang menghubungkan di antara dua desa tersebut, karena dapat memudahkan sarana transportasi masyarakat.

“Bendungan Gerak ini didirikan pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2012. Semenjak bendungan ini didirikan saya sudah berjualan ditepian bendungan sini. Sering pula ramai oleh para pengunjung, terkhusus pada hari minggu dan hari-hari libur lainnya. Karena tempat, bangunan dan pemandangannya yang menarik, banyak pengunjung yang menjadikan sebagai tempat foto-foto atau mengambil gambar-gambar yang indah,” ungkap Siti Ngatwati salah seorang penjual disekitar bendungan.

Disekitar bendungan memang  telah dimanfaatkan oleh banyak orang yang mendirikan tenda sebagai tempat berjualan, sehingga para pengunjungpun juga dapat menikmati suasana Bendung Gerak dari tenda penjual. Hal tersebut bisa dilakukan ketika debit air Bengawan Solo dalam kondisi biasa. Namun, Jika debit air naik, pengunjung dapat menikmati suasana Bendungan Gerak cukup dari tepian atau di Semenanjung jembatan gerak yang melintang.

Reporter: Rizka

Editor: Eko

You may also like

Menjaga Selokan Dengan Budidaya Ikan

lpmrhetor.com – Partisipasi untuk menjaga bumi agar tetap