Persiapan Pesta Siaga, Siswa SD Berlatih Pramuka


“Siswa-siswi SDN 3 Purwonegoro sedang berlatih pramuka di ruang kelas.” (Doc: Rhetor/ Ika)

(Rhetor_Online-UIN) Menjelang pesta siaga 2016, sekolah dasar (SD) se-kecamatan Purwonegoro mengadakan pelatihan pramuka. Salah satu sekolah dasar tersebut adalah SDNegeri 3 Purwonegoro, siswa-siswinya berlatih pramuka untuk dapat berpartisipasi di dalam pesta siaga, Rabu (2/3) lalu. Dimulai pukul 12.30 hingga 14.30 WIB, pelatihan dilakukan di ruang kelasmereka setiap hari aktif sekolah dan sudah dimulai lebih dari sebulan lalu.
SDN 3 Purwonegoro sendiri akan diwakili oleh dua regu: putra-putri yang berjumlah masing-masing sepuluh orang. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para peserta pesta siaga supaya dapat menguasai sepuluh cabang perlombaan dalam acara tahunan kwartir ranting Purwonegoro tersebut. Pesta siaga itu sendiri akan diadakan pada tanggal 10 Februari mendatang di desa Mertasari, Purwonegoro.
Dalam pelatihan tersebut, para peserta yang terpilih untuk mewakili sekolah diampu sehingga menguasai cabang lombanya. “Ada sepuluh cabang lomba, yakni Pelatihan Baris-berbaris (PBB), pengetahuan umum, pengetahuan agama, kepribadian, geguritan dan/atau puisi, seni budaya, game—kereta bola, tali-temali, bumbung kemanusiaan, serta yel atau semangat barung.” ucap Yasdi pembina Pramuka SDN 3 Petir, yang juga menjabat sebagai guru kelas di SD tersebut.
Untuk tema kesenian, SDN 3 Purwonegoro akan menampilkan kesenian gendingan Dawet Ayu yang merupakan kesenian khas Kabupaten Banjarnegara. Semangat serta antusiasme yang tinggi terlihat dari para peserta meskipun harus berlatih hampir setiap hari. [Ika Nur Lutfi]

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi