Wisata Sejarah Benteng Van De Bosh

Dok : Pribadi / Dyah Retno Utami

Ngawi, Benteng Van De Bosh atau yang lebih dikenal dengan Benteng Pendem adalah sebuah benteng pertahanan peninggalan Belanda yang terletak di kelurahan Pelem Kec. Ngawi Kab. Ngawi. Benteng yang sebelumnya terbengkalai dan tertutup itu setelah dilakukan penataan disekitar kawasan oleh pihak pengelola pada tahun 2011 resmi di buka untuk umum sebagai tempat wisata.
Keindahan dan kekokohan bangunan bergaya eropa tersebut seakan menjadi ikon dan kebanggaan warga Ngawi saat ini. Tak heran jika setiap akhir pekan tempat ini ramai pengunjung.
                Seperti yang diungkapkan Nurul (23/01) “tempat ini asyik, gaya arsitekturnya bagus,” ujarnya. Selain itu, lanjut Perempuan Ngawi tersebut mengatakan tempat ini juga menambah pengetahuannya tentang sejarah yang ada di Ngawi sendiri.
Benteng Pendem di bangun pada tahun 1839 dulunya digunakan sebagai markas tentara Belanda, benteng ini memiliki ukuran bangunan 165m X 80m dengan luas tanah 15Ha. Dikatakan Benteng Pendem karena seluruh bangunan benteng di kelilingi oleh tanggul yang tingginya melebihi bangunan benteng, sehingga terkesan seperti terpendam. Letaknya pun strategis karena berada disudut pertemuan sungai bengawan solo dan sungai madiun.
Benteng yang menyimpan banyak nilai sejarah dan tetap berdiri kokoh meski usianya sudah ratusan tahun ini dapat menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung ke Ngawi serta menjadi wahana edukasi sejarah untuk generasi muada. [Dyah Retno Utami]
Editor : Suhairi Ahmad

You may also like

Menjaga Selokan Dengan Budidaya Ikan

lpmrhetor.com – Partisipasi untuk menjaga bumi agar tetap