UnivDay, Tingkatkan Motivasi Untuk Mewujudkan Mimpi

Dok : Pribadi / Iko Khumairo

Alumni dari berbagai universitas atau lebih dikenal dengan sebutan Ikatan Silaturahmi Mahasiswa Alumni Madrasah Aliyah Negeri Cirebon Satu (ISMANSA), berbondong-bondong datang ke sekolah dalam acara University Day (Univ Day). Mereka hadir untuk mensosialisasikan universitasnya masing-masing kepada adik-adik kelas 3. Kegiatan tersebut berlangsung di masjid dan lapangan MAN Cirebon 1, Cirebon, jawa barat (22-23/1).
Univ Day adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh sekolah dengan tujuan untuk mensosialisasikan universitas negeri yang ada disetiap provinsi dan memberikan motivasi kepada adik-adik kelas supaya mau untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Acara tersebut berlangsung selama 2 hari dengan 2 konsep yang berbeda. Konsep pertama yakni setiap provinsi mewakilkan untuk mempresentasikan universitas yang ada di provinsi tersebut. Konsep kedua, tentunya berbeda dengan konsep pertama yaitu setiap universitas membuka stand-standnya masing-masing.
“Inti kedatangan para alumni ke Man Cirebon Satu yakni pertama, silaturahmi,  kedua, jika sekiranya kita dapat memberi informasi, berikan informasi yang kita tahu dan yang terakhir, tingkatkan motivasi mereka untuk mau berkuliah,” tutur amar selaku ketua dari alumni kaka tingkat yang mewakilinya.
Selain tujuan diatas, acara tersebut diadakan tidak lain untuk menghilangkan judgment yang sering kali terdengar ditelinga kita bahwa “kuliah itu identik dengan biaya”. Padahal ketika kita sudah masuk disebuah universitas negri banyak beasiswa yang telah disediakan pemerintah dan itu bisa menjadi sebuah solusi.
Hari pertama berlangsung cukup bersemangat walaupun hujan turun dengan deras, hal itu tidak mengalahkan semangat adik-adik kelas yang antusias mendengarkan perwakilan alumni yang sedang mempersentasikan tentang universitasnya pada setiap provinsi. Antusiasme mereka terbukti dengan berbagai pertanyaan yang terlontar dari sebagian siswa yang bertanya. Sosialisasi yang diadakan di masjid tersebut layaknya tidak terlalu puas, karena hanya dipaparkan secara umum saja perihal universitas yang dipersentasikan.
Hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah karena keesokan harinya akan dibuka stand-stand pada setiap universitas masing-masing. Tidak kalah semangatnya ketika pada hari pertama sosialisasi, hari kedua pun berlangsung cukup ramai. Ketika itu terlihat adik-adik kelas berbondong-bondong untuk menanyakan perihal yang berkaitan dengan kuliah pada stand universitas yang mereka minati. Kali ini pertanyaan yang mereka lontarkan lebih detail dan leluasa karena dilakukan secara face to face dan terlihat semangat mereka untuk melanjutkan pedidikan ke jenjang yang lebih tinggi.[Iko Khumairo]
Editor : Suhairi Ahmad

You may also like

Membedah Visi Misi Calon Perwakilan Mahasiswa Lewat Kampanye Monologis

lpmrhetor.com – Kampanye Monologis untuk pemilihan ketua DEMA