Photo Story: Pameran Poster “Stop Pelemahan KPK”

lpm rhetor – Selasa, 01 Juni 2021 sebagai peringatan hari lahir Pancasila, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta, Pusat Kajian Antikorupsi (PUKAT) UGM, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, Koperasi Edukarya Negeri Lestari (KEN8), Potluck Studio, dan Connecting Design Studio, berkolaborasi mengadakan serangkaian kegiatan pameran poster, pentas musik dan diskusi publik dengan tema “Berani Jujur Hebat Pecat!”

Sebanyak 55 poster dipajang di seisi ruang Warung Teh Umran (Wikiti) Yogyakarta. 31 poster diantaranya merupakan hasil karya seniman, dan 24 sisanya merupakan hasil reproduksi foto dari para peserta pameran.

Penggunaan poster sebagai media penyampai informasi ini merupakan upaya Anang Saptoto selaku kurator untuk membangunkan kesadaran publik, bahwa isu pelemahan KPK bukan hanya persoalan milik lembaga-lembaga tertentu, melainkan menjadi isu bersama. Anang juga berharap bahwa dengan adanya hal ini dapat bersama-sama mengawal isu pelemahan KPK. 

Pameran diadakan selama 01-15 Juni 2021, dibuka dengan diskusi publik [pertama] dengan menghadirkan Mantan Direktur PJKAKI KPK, Sujanarko, Totok Dwi Diantoro dari PUKAT UGM, Wasingatu Zakiah dari Perempuan Indonesia Anti Korupsi, dan Alia Swastika dari Yayasan Biennale Yogyakarta. Diskusi juga diiringi dengan penampilan musik dari Efek Rumah Kaca, Bofag feat Danish, dan Roket Yk.  

 

Fotografer: Hana Santika Ahdanty dan Muhammad Hasbi Kamil (Magang)

Editor: Lutfiana Rizqi S

You may also like

Photo Story: #GejayanMemanggil ‘Selamatkan Warga Yogya’

lpmrhetor.com – Sabtu (09/10) masa aksi yang terdiri