Sistem Buka-Tutup Jalan Kampus Timur Belum Optimal

Suasana parkir belakang Fakultas Dakwah dan Komunikasi (11/09), tampak penuh oleh kendaraan bermotor yang oleh pemiliknya sengaja diparkir dekat dengan fakultas, setelah pemberlakuan sistem jalan satu arah kampus timur UIN. (Dok. Rhetor/Ina)

lpmrhetor.com, UIN – Kampus Timur UIN Sunan Kalijaga telah menerapkan sistem akses jalan satu arah mulai tahun ajaran baru 2017/2018. Akses jalan yang sebelumnya dua arah, kini diubah menjadi satu arah dan menggunakan sistem buka-tutup jalan.

Hal tersebut tertera dalam Surat Keputusan (SK) Rektorat yang diterbitkan pada 3 Juli 2017 dan diberlakukan mulai 4 September 2017.  Diterapkannya akses satu jalan ini disinyalir karena sudah berjalannya aktivitas di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Akses kampus timur yang sebelumnya berjalan dua arah, baik ke selatan mau pun ke utara, saat ini telah terdapat rambu-rambu. Semua kendaraan dari arah barat di arahkan ke bagian utara kampus timur, sehingga terpusat di perpustakaan dan depan fakultas.

Alasannya, sistem buka-tutup jalan ini untuk mengkoordinir volume kendaraan dari tiga fakultas di kampus timur. Sarmuji, petugas parkir Fakultas  Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang ditemui wartawan Rhetor mengatakan, “Dari fakultas FEBI menerapkan sistem buka-tutup, kalau parkir FEBI penuh baru sini (FDK) buka. Kalau belakang penuh dialihkan ke perpustakaan. Kalau tidak di arahkan kaya gini (satu arah) bisa bertabrakan, bisa dihitung grambyangan jumlah motor disini sembilan-ratus-an,” Tuturnya (11/9).

Sedangkan petugas parkir bagian Fakultas Ushuludin, Sugeng, mengeluhkan mahasiswa yang sulit diatur menata motornya, “Susah diatur mahasiswa itu, agak nyegel gitu lho, di atur kesana-sana nggak mau,” keluhnya.

Nendi Yusuf, mahasiswa FDK yang terkena imbas sistem buka-tutup jalan tersebut menyampaikan bahwa, ia lebih memilih sistem dua arah yang sebelumnya.  “Kalau mau balik, muter dulu jadi tambah jauh. Enak dulu sih, walaupun dua arah masih bisa toleransi dari dua arah dan itu lebih cepet.”[]

 

Reporter : Ina Nurhayati

Editor : Dyah Retno Utami

 

You may also like

Membedah Visi Misi Calon Perwakilan Mahasiswa Lewat Kampanye Monologis

lpmrhetor.com – Kampanye Monologis untuk pemilihan ketua DEMA