Pendidikan Jadi Perusahaan Profit Oriented

Peserta Seminar Nasional SEMA PTKIN Se-Indonesia di Gedung Convention Hall lantai 2 (9/11). (Dok. Rhetor/Muadz)

lpmrhetor.com, UIN – Kamis (9/11). Terjadinya pergeseran paradigma atas pemaknaan falsafah Pancasila yang berbelok kepada paradigma liberal, membuat aspek-aspek pendidikan seperti sekolah dan kampus menjadi perusahaan yang profit oriented. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Ardy Shihab, pemateri dalam seminar nasional yang bertema “Filsafat Pancasila Beradab Lewat Pendidikan” yang dilaksanakan sebagai bentuk diskusi Senat Mahasiswa (SEMA) PTKIN Se-Indonesia di Gedung Prof. Sunarjo lt. 2 (Convention Hall).

Dalam diskusi tersebut, Ardy Shihab juga menambahkan bahwa pendidikan saat ini lebih menjadikan ilmu sebagai komoditas, bukan lagi berperan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana yang tertera dalam alenia ke empat Pembukaan UUD 1945.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Panitia mengatakan bahwa dengan adanya acara ini, diharapkan Pancasila tidak lagi digunakan sebagai pelanggeng kekuasaan semata, namun lebih menjadikan pancasila sebagai ideologi yang terbuka.

Hal tersebut diamini oleh Ketua SEMA-U, Viky Arthiando Putra yang mengatakan bahwa mahasiswa harus bisa berdiri tanpa kepentingan elit politik manapun.

“Pemaknaan Pancasila dalam dewasa ini rawan klaim. Banyak orang, masyarakat, golongan dan elemen yang mengklaim kebenaran pancasila dalam pemaknaan yang paling shahih. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai kaum yang memiliki nalar intelegensia juga harus bisa berdiri lebih jernih memandang itu (Pancasila-Red.) tanpa kepentingan elit politik manapun.” []

Reporter Magang : Isti Yuliana

Editor : Fiqih Rahmawati

 

 

 

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi