Pemuda Harus Jadi Navigator Bangsa

Massa aksi deklarasi PMII FEBI di taman Fakultas Ushuludin (8/11). (Dok. Rhetor/Erik)

lpmrhetor.com, UIN – Rabu (8/11). Berangkat dari keprihatinan atas kondisi pemuda yang bersikap intoleran dan cenderung apatis terhadap lingkungan, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta gelar aksi simpatik. Aksi yang melakukan longmarch ke seluruh fakultas di UIN ini mengusung tema “Mewujudkan Jiwa Pemuda sebagai Navigator Bangsa.”

Ketua Umum, Izzy, mengatakan bahwa tema tersebut memuat berbagai isu yang dijadikan menjadi satu. “Kita mengambil banyak isu terutama terkait isu kampus, terus isu pemuda, keagamaan, juga kebudayaan juga yang kita jadikan satu dengan tema Mewujudkan Jiwa Pemuda Sebagai Navigator Bangsa,” ungkapnya saat ditemui lpmrhetor.com  (8/11).

Izzy juga menambahkan bahwa pemuda saat ini cenderung bersikap acuh terhadap masalah-masalah sosial yang ada, serta individualis dan apatis terhadap lingkungannya.

“Kita di sini sebagai mahasiswa itu harus bisa menjadi navigator, ya penggerak bangsa,” tambahnya.

Salah satu mahasiswa FEBI, Firda, juga merasakan kondisi serupa terkait mahasiswa yang individualis dan apatis. Menurutnya, mahasiswa sekarang cenderung kurang melebur dalam ruang sosial yang ada di masyarakat sebagai pemuda.

“Jelas itu. Sekarang kan era globalisasi kebanyakan mahasiswa itu lebih ke gadget.  Nah, itu sosialisasi nya kurang,” ungkapnya.[]

 

Reporter Magang: Itsna Rahmah Nurdiani

Editor: Fiqih Rahmawati

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi