Panorama Pantai Wediombo Gunung Kidul.

Dok : Istimewa

lpmrhetor.com, Yogyakarta – Ada banyak destinasi wisata pantai di Yogyakarta, salah satunya adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Meski tak seramai pantai-pantai lain di Gunung Kidul, namun Pantai Wediombo mampu menyuguhkan panorama yang tak kalah indah.

Jika ditelusuri dari namanya, Wediombo adalah pantai berpasir yang sangat luas. Namun tidak demikian, karena bagian timur dan barat pantai diapit oleh bukit karang yang menjadikan pantai ini tidak terlihat begitu luas. Konon nama “Wediombo” diberikan oleh nenek moyang yang tak sesuai keadaan.

Letak Pantai Wediombo ada di bawah rata-rata permukaan tanah sehingga pengunjung perlu melewati beberapa anak tangga. Di kanan kiri tangga, pengunjung akan menjumpai beberapa ladang penduduk setempat.

Pantai Wediombo memiliki batu-batu karang yang menjadi daya tarik terendiri. Pengunjung yang datang kesini bisa menghabiskan waktu untuk memancing diatas batu karang tersebut. Disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan ikan hasil pancingan. Bagi yang malas memancing bisa menikmati langsung hasil masakan warga sekitar ataupun membeli ikan mentah-mentah.

Dipantai ini pengunjung juga bisa berjemur atau bermain-main pasir sambil menikmati keindahan air laut yang masih biru. Selain itu, Wediombo juga memiliki sebuah kolam renang alami. Kolam ini berada dipinggir pantai yang dipisahkan oleh batu karang dan sering dijadikan tempat berenang oleh pengunjung.

“Suasana pantainya masih tenang pas untuk melepas penat” ungkap Arif mahasiswa UII yang berlibur bersama temannya . Sama seperti pantai-pantai pada umumnya, Wediombo juga menyediakan fasilitas kamar mandi dan mushola. []

Reporter: Amelia

Editor: Eko S.

You may also like

Menjaga Selokan Dengan Budidaya Ikan

lpmrhetor.com – Partisipasi untuk menjaga bumi agar tetap