Mengantisipasi Bahaya HIV/AIDS


(Rhetor_Online-UIN). Kementrian kesehatan (Kemenkes)  bersama UIN Sunan Kalijaga dan UKM KSR PMI unit VII UIN mengadakan sosialisasi bahaya Human Immunodeficiency Viru (HIV) , Kamis (12/12). Bertempat di teatrikal pusat bahasa acara tersebut bertujuan agar mahasiswa bisa membantu mengurangi jumlah penderita Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).
(ilustrasi: mainstreamreports.com)
“dengan cara pemberihan informasi-informasi kepada mahasiswa agar dapat memberikan pengarahan kepada masyarakat sekitar mereka tinggal Supaya jumlah penderita HIV AIDS dapat berkurang,” kata dr. Wisnu Murti Yani, M.Sc. selaku pemateri yang sekaligus Menteri Kesehatan Kabupaten Sleman. 
HIV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi. Dengan kata lain, kehadiran virus ini dalam tubuh akan menyebabkan defisiensi (kekurangan) sistem imun.
AIDS menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV merupakan sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.
Ciri-ciri penderita HIV AIDS antara lain, berat badan terus turun, terkenan flu dan diare yang tidak kunjung sembuh dan mudah merasa lelah. Selain itu bahaya virus tersebut juga bisa dengan mudah menular. “HIV AIDS tidak menular dengan gigitan nyamuk, sentuhan, pelukan, ciuman, menggunakan peralatan makan atau minum bersama dan menggunakan jamban yang sama,” tambah dr.Wisnu.
Sosialisasi ini diikuti oleh 150 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari berbagai Fakultas dan Jurusan. Sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dan kesadaran kepada peserta Sosialisasi. [Adisty]

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi