lpmrhetor.com, Yogyakarta – Jumat, 04/11 Berangkat dari keprihatinan atas krisisnya kesadaran gerak mahasiswa sekarang ini, Jaringan Pemuda Nusantara (JPN) mengadakan acara Dialog Gerakan Mahasiswa Islam. Dengan mengusung tema Format Gerakan Mahasiswa Islam Pasca-Reformasi, acara tersebut berlangsung di Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Dialog ini menghadirkan beberapa ketua organisasi gerakan mahasiswa di D.I.Y seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Islam (KAMMI) dan Gema Pembebasan, sebagai pengisi materi.

Dalam sambutannya, Abu Lakah, selaku ketua JPN, mengajak segenap aktivis, ilmuan dan mahasiswa, untuk bersama-sama mencari format baru dalam gerakan mahasiswa. Hal itu dikatakan agar peranan gerakan mahasiswa menjadi lebih produktif. Selain itu juga dapat memunculkan kembali gerakan mahasiswa dalam skala yang besar layaknya gerakan mahasiswa terdahulu.

Terkait hal tersebut, ketua cabang HMI Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa perlu adanya perubahan dari nalar etastis menjadi nalar civilian. Artinya gerakan yang dimulai dari struktur ke masyarakat. “Gerakan mahasiswa tidak ada artinya tanpa masyarakat, karena masyarakat sebagai basis perubahan sosial” begitu imbuhnya.

Lain lagi yang disampaikan oleh Ketua Komisariat Gema Pembebasan. Menurutnya, format yang dirumuskan ialah tentang ideologi islam. Menyadarkan dan membangkitkan mahasiswa dengan kebangkitan yang shohih, berdasarkan aqidah, dan ikut mengurusi urusan umat dengan memberi solusi yang lahir dari syariah Islam.

Sedang Ketua cabang IMM Sleman menyatakan “Kita tidak harus mengganti asas dasarnya tetapi memperbaiki sistem, memperbaiki nilai yang menjadi kerusakan itu sendiri.” Namun begitu, nyatanya Ketua Cabang PMII D.I.Y justru mengatakan bahwa saat ini masih belum ada format yang tepat untuk gerakan mahasiswa. Hal itu dikarenakan belum adanya penyatuan misi dari masing-masing organisasi tersebut.[]

Reporter : Diah

Editor   : Ika Nur K.

 

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi