LKM FDK: Dakwah Transformatif

pelantikanDoc : Pelantikan LKM FDK/ Tiara
Yogyakarta– Siang itu langit boleh saja mendung, namun atas nama demokrasi yang tertuang dalam pelantikan tak boleh berujung. Pelantikan Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga yang dirangkai dengan diskusi publik yang bertema “Dakwah Transformatif dalam Bingkai Pancasila dan NKRI : Upaya Membendung  Maraknya Radikaslime dan Sparatisme,” berlangsung di teatrikal perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Jum’at (26/02). Kegiatan ini diikuti oleh segenap civitas akademika FDK dan umum.
Pada pelantikan tersebut, ketua SEMA-F Muhammad Rahmat Zein memberikan sambutannya terkait peran mahasiswa yang harus kembali pada masyarakat.
“Mahasiswa pada akhirnya akan kembali pada masyarakat, dan terkhusus untuk mahasiswa dakwah ia adalah orang yang akan memberi pencerahan pada masyarakat,” ucap Muhammad Rahmat Zein yang kerap disapa Ucok.
Senada dengan yang disampaikan Ucok, Fariz Amrullah, ketua DEMA-F juga menyampaikan pesan yang terkandung dalam tema besar diskusi publik ini. Ia mengatakan melalui dakwah transformatif, kegiatan dan aktifitas yang dijalankan dalam program kerja LKM secara tidak langsung diharapkan mampu membentuk kerangka berpikir mahasiswa.
“Kerangka berpikir mahasiswa yang diharapkan adalah kerangka berpikir yang ke-Indonesiaan dan kebangsaan, ke-Islaman yang rahmatan lil’alamin dan kemodern-an sebagai bentuk kemajuan dalam keilmuan,” tuturnya.
Dalam pelantikan LKM yang dirangkai dengan diskusi publik ini, Umaruddin Masdar, sebagai narasumber mengatakan dakwah merupakan suatu perintah, dan perintah itu ibadah.
“Ibadah sifatnya akan memberi pahala. Maka di dalam berdakwah, tidak perlu memikirkan hasil, yang terpenting adalah niat beribadah,” ujarnya.
Selaras dengan Umaruddin Masdar, Dr.Zuly Qodir juga mengatakan dakwah itu merubah orang.
“Dan dalam konteks dakwah transformatif, dakwah itu merubah komunitas, kelompok dan orang dalam era yang penuh perubahan,” pungkas ia yang merupakan pendiri Forum Beriman DIY.[Tiara]

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi