Formulasi Kurikulum KKNI, UIN Masih Butuh Waktu

pedoman penyusunan kurikulum-UIN Sunan Kalijaga

lpmrhetor.com-Yogyakarta-Pemberlakuan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menuai beberapa perubahan. Hal tersebut dibuktikan dengan beralihnya Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ke Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Secara fisik, perubahan dari SAP ke RPS yakni kolom-kolom yang terdapat pada RPS lebih banyak. Fungsinya guna menyisipkan capaian pembelajaan setiap pertemuan. Dalam penerapannya, setiap dosen juga diberi keleluasaan dalam menentukan proses pembelajaran, baik berupa penilaian maupun sistem evaluasi.

Salah satu dosen PMI, Suyanto, mengatakan akan melakukan evaluasi terhadap mahasiswanya dengan tetap mengadakan UTS dan UAS. Meski begitu, pelaksanaannya berbeda, tidak lagi ujian tertulis di kelas seperti sebelum-sebelumnya.

Di sisi lain, Suyanto juga menuturkan bahwa ada juga dosen PMI lain yang tidak lagi memberlakukan sistem evaluasi ujian tertulis. Mereka menerapkan sistem penilaian setiap kali akhir pertemuan, alasannya agar dapat memancing keaktifan mahasiswa.

Lain halnya dengan Bayu, “Sejak semester kemarin, sebelum diberlakukannya KKNI, saya sudah tidak mengadakan ujan tertulis dikelas untuk evaluasi perkuliahan. Namun biasanya diganti mini riset, dengan mahasiswa turun ke lapangan, agar dapat memahami teori dan praktiknya secara langsung,” ungkap dosen MD tersebut, Selasa (21/02).

Menurut Bayu, Kurikulum KKNI memang disiapkan untuk menyeimbangkan antara pendididkan dengan kemampuan atau pengalaman kerja. Sehingga dapat memperjelas identitas atau profil lulusan dari setiap jurusan.

Hingga saat ini UIN Sunan Kalijaga, khususnya FDK, masih mencari formulasi yang tepat untuk penerapan Kurikulum KKNI. Mengingat kurikulum tersebut merupakan sesuatu yang baru, sehingga membutuhkan waktu untuk benar-benar mendalami dan memperoleh hasil penerapan terbaik.[]

 

Reporter: Diah Retno U.

Editor: Ika Nur K.

 

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi