Penangkalan Radikalisme dengan Dakwah yang Baik

Bertempat di ruangan Convention Hall (CH) lantai 1, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kongres AMDIN kali ini mengangkat tema ‘Pemuda Sebagai Pelopor Gerakan Dakwah, Upaya Menyikapi Radikalisme’

 

RHETOR-ONLINE, UIN SuKa – Seminar Nasional sekaligus kongres Asosiasi Mahasiswa Dakwah Indonesia (AMDIN) berlangsung pada Senin, 19 September 2016. Bertempat di ruangan Convention Hall (CH) lantai 1, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kongres AMDIN kali ini mengangkat tema ‘Pemuda Sebagai Pelopor Gerakan Dakwah, Upaya Menyikapi Radikalisme. Acara ini selain dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Dakwah, juga terbuka untuk umum.

Dalam acara ini, dituturkan bahwa, radikalisme merupakan  paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan dengan cara keras. “banyak  cara yang dilakukan (oleh kelompok radikal) dalam melakukan proses gerakannya, salah satunya adalah penggalangan dana dengan cara merampok, menipu, perekrutan anggota baru di mall, kampus, tempat-tempat umum, dan lain sebagainya” tutur Satya Tama Nugraha, narasumber pada seminar tersebut.

Selain itu, Radikalisme juga marak terjadi dikalangan pemuda, sekalipun mereka yang terdidik. Salah satu faktor yang menjadikan radikalisme marak terjadi adalah kurangnya kesadaran kita untuk melek media, “Karena imajinasi yang terjadi pada kita tidak terlepas dari kontruksi media” tandas  Najib Kaylani, juga pembicara pada siang hari itu.

Pada kesempatan itu, muncul pertanyaan dari salah satu mahasiswa asal Sulawesi Selatan, Sunaryo. “Bagaimana seharusnya kita menyikapi akibat adanya isu radikalisme?”. Pertanyaan ini di jawab dengan paparan oleh Sigit bahwa, hal yang perlu digaris bawahi ialah  proses berfikir kritis kita untuk menolak radikalisme. kemudian, dengan mengoptimalkan bagaimana kita mengemas cara dakwah. “Atau wacana tentang menumbuhkan toleransi dengan cara yang baik, mudah dipahami agar dapat memberikan pemahaman yang baik pula” Tambah Najib.[]

 

REPORTER : Iko Humairo

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi