Papua Tanah Damai : Upaya Menghilangkan Stigma Terhadap Masyarakat Papua

Dok : Rhetor/Eko

(Rhetor_Online-UIN)-Sosial Movement Insitut (SMI) bersama Lpm Rhetor, Jaringan Damai Papua (JDP) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan seminar dan diskusi publik (Sabtu 30/05). Kegiatan yang be

rtemakan “Papua Tanah Damai” ini sebagai upaya menghilangkan stigma terhadap masyarakat Papua yang bertempat di Teatrikal Tarbiyah. Dalam kesempatan tersebut mendatangkan tiga pemateri  yaitu Zely Ariane, Okto Pikei dan Suma Riela.

Kegiatan ini mengangkat permasalahan yang ada di Papua, diantaranya terkait isu kekerasan ditanah Papua. Berbagai kasus pembunuhan marak terjadi bahkan setiap bulannya banyak terjadi kasus penembakan oleh militer terhadap masyarakat sipil yang dituding pemberontak. Bahkan masyarakat Papua sering kali mendapat stigma negatif, suka kekerasan dan lainnya.
“Masyarakat Papua tidak selamanya suka kekerasan dan pemberontak, “Papua Cinta damai” tutur Okto dalam pembukaan diskusi.
Tak berbeda jauh dengan Okto, Zely sapaan gadis cantik yang sekaligus inisiator #PapuaituKita memaparkan, untuk menghilangkan stigma negative terhadap masyarakat Papua kita harus mengenali, pahami dan atasi sebagai solusi.
“tidak bisa menilai kalau tidak mengenal, kita juga tidak bisa menjust kalau tidak paham to? , selanjutnya jika kita sudah kenal dan paham ya atasi,” tegas Zely.
Kegitan tersebut berlangsung sangat khidmat dan sepanjang kegiatan berlangsung banyak antusiasme dari para peserta seminar. Salah satunya Arizimun seorang peserta sekaligus mahasiswa asal Papua mengaku jika selama ini hak masyarakat Papua telah diambil secara cuma-cuma dan ia sangat menyesalkan tindak kekerasan yang terjadi di tanah Papua.
“apa yang mereka minta kita kasih” keluh Ari. “Sebagai salah satu warga Papua yang tersisa diantara orang Papua yang lain saya tidak mau main emosi-emosi, saya lebih mengedepankan pikiran” tandasnya.
Di akhir acara di tutup dengan penampilan dari John Tobing, pencipta lagu darah juang. Sontak penampilanya menjadi pemicu semangat tersendiri bagi para peserta untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut.

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi