Kotak Aspirasi Dema UIN Suka

Ilustrasi: Istimewa

lpmrhetor.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (Dema-U) Yogyakarta akan mengadakan rapat pengumpulan aspirasi pada tanggal 4 sampai 6 Maret 2019. Beberapa tempat di area kampus menjadi opsi diselenggarakannya agenda ini.

Ketua Dema-U, Muhammad Hamdan Saifullah, mengatakan rencana tersebut kepada lpmrhetor.com saaat ditemui di ruangan Dema UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta:

“Jadi tanggal empat ini kita mau ada acara rapat aspirasi, walaupun ini baru kita e apa rencain. Jadi hari Senin kita mau bikin  open forum Itu rencanya di mana tadi opsinya kalau nggak di depan MP, kalau nggak di depan SC, kalo nggak di depan Poli (Poliklinik-red),” ungkapnya.

Meskipun belum dipastikan area kampus mana yang akan menjadi forum untuk mengutarakan aspirasi-aspirasi mahasiswa, namun menurut Hamdan selain open forum, Dema-U juga akan menyebarkan kotak aspirasi

“Pagi itu kita pengen nyebar box-box aspirasi. Kalo bisa sih ditiap fakultas ya kalo bisa, Cuma gak tau. Kita pengen nyebar box. Sorenya atau siangnya kita pengennya jam 2 atau jam 4 kita pengen open forum, kita mau sharing aja di situ, masalah menurut kalian masalahnya apa aja sih? Terus apa sih, program apa sih yang kalian pengenin Dema U mau ngadain?” jelasnya.

Hamdan juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari dari Senin sampai Rabu.

“Kita pengen buat box itu tiga hari dari Senin sampai Rabu. Kalo yang open forum itu sekali aja hari pertama, nanti sisanya itu via kardus,” tambahnya.

Berkaitan dengan akan diadakannya upaya dalam menjaring aspirasi mahasiswa, lpmrhetor.com telah menanyakan kepada beberapa mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terkait Dema U dan harapan mereka pada periode Dema U tahun ini.

Adina, mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengatakan, ”Apa ya, aku gak terlalu tau tentang Dema, Sema gitu-gitu. Jadi kalo ditanya harapan buat periode ini gak tau juga mesti ngasih harapan gimana. Tapi kalo diliat dari yang dulu-dulu itu kayak lebih tertutup gitu lo.”

Berbeda dengan tanggapan mahasiswi Ilmu Komunikasi yang namanya tidak boleh disebutkan, ia mengatakan, “Kalo harapan aku sih semoga Dema terpilih nggak ngelakuin kecurangan lagi seperti Dema, HMPS, atau Sema yang lalu. Dan hari gini kan juga udah banyak mahasiswa yang sadar pemilwa, dan untuk mereka-mereka yang sekarang terpilih itu harusnya bisa adil di pemilwa yang akan datang,” paparnya.

Saat berita ini diturunkan, Dema sudah mulai mengumpulkan surat-surat aspirasi dari tiap fakultas. Mereka menargetkan hari minggu semua datanya sudah terkumpul.

Kemudian menurut Hamdan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi meminta perpanjangan waktu pemasangan kotak aspirasi.[]

Reporter: Annisa Hidayati dan Fajril Haq

Editor: Fiqih Rahmawati

You may also like

Aksi Vandalisme, Potret Persoalan UKT yang Belum Usai

lpmrhetor.com – Jumat (15/03). Aksi vandalisme kembali terjadi.