Kebun Teh Nglinggo, Destinasi Wisata Alam Di Jogja


Ujian Akhir Semester (UAS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta telah usai. Biasanya, waktu tersebut digunakan para mahasiswa untuk liburan seperti pulang ke kampung halaman dan berwisata. Namun, bagai yang menetap di Jogjapun banyak pilihan tempat wisata yang mesti dicoba untuk mengisi liburan.
“Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo” (Doc: Emy)
Banyak destinasi wisata di Jogja, khususnya wisata alam, mulai pantai, hutan, hingga gunung. Salah satu wisata alam yang terdapat di Jogja yakni wisata Kebun Teh Nglinggo. Tempat tersebut merupakan satu-satunya di Jogja, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Selain itu, tempat ini juga merupakan kebun teh percontohan yang dikelola oleh PT. Pagilaran yang merupakan perusahaan serta dikembangkan dan dikelola oleh Fakultas Pertaian Universitas Gajah Mada Yogykarta.
Perjalanan kekebun teh ini hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini kira-kira 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Medan yang berliku dan lumayan terjal menuntut para pengendara untuk sangat hati-hati agar sampai kesana.
Perjalan yang rumit dan melelahkan akan terbayar ketika sampai di tempat yang dituju. Pemandangan alam yang hijau serta suasana yang sejuk akan memanjakan pengunjung. Kebun the ini dikelilingi oleh pegunungan dan bukit, gunung kukusan dan gunung jaran misalnya. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas pegunungan tersebut.
Pengunjung juga bisa menikmati dan menelusuri perkebunan teh, asalkan tidak merusak fasilitas serta tidak membuang sampah sembarangan. Di sekitar area perkebuanan juga terdapat kedai atau warung-warung kecil, sehingga pengunjung bisa menikmati langsung the hangat hasil perkebunan yang dikelola warga sekitar area perkebunan.
Biaya masuk kebun teh ini hanya Rp. 3000 per orang serta Rp. 2000 untuk biaya parkir. Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan dari puncak gunung kukusan, cukup menambahkan biayaRp. 2000 saja. Bagaiamana, Anda tertarik untuk menghabiskan liburan di tempat ini? Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan serta jangan merusak alam. [Emy]

You may also like

Menjaga Selokan Dengan Budidaya Ikan

lpmrhetor.com – Partisipasi untuk menjaga bumi agar tetap