Warga Kendeng Tuntut Pembatalan Ijin Pabrik Semen


(Rhetor_Online-UIN). Warga sekitaran Gunung Kendeng (Kayen, Tambakromo dan Sukolilo) melakukan unjuk rasa di jalan pantura, kamis, 23/07. Aksi yang dilakukan oleh ribuan massa tersebut menuntut Bupati Pati membatalkan ijin Amdal berdirinya pabrik Semen. Masyarakat menilai berdirinya pabrik berdampak pada kerusakan lingkungan.

Doc: Eko S

Penilaian kelayakan yang dilakukan oleh komisi penilai Amdal terhadap dokumen Andal PT Sahabat Mulia Sakti (SMS) anak persahaan PT. Indocement yang disusul dengan ijin dari bupati Pati tidak bisa di terima masyarakat.  Adapun hasil studi sosial di lokasi calon pabrik menyatakan bahwa 67% masyarakat menolak, 13% abstain dan 20% mendukung.
Berdasarkan data diatas menunjukan mayoritas warga tidak setuju didirikanya pabrik. Selain itu, laporan hasil study biologi menunjukan bahwa kawasan calon pabrik dan tambang semen merupakan kawasan flora fauna lindung.
Sayang, Hariyanto Bupati Pati seolah tidak mau tahu dan melegalkan penambangan. Hal tersebut menguatkan kecurigaan warga bahwa ada persekongkolan jahat antara pemerintah kabupaten Pati dan PT. SMS.
“kami akan menunggu bapak Bupati sampai turun kesini membatalkan ijin Amdal” tutur Sri. Seorang Ibu asal tambakromo tersebut beranggapan pabrik semen tidak baik bagi lingkungan. “kami ini petani tidak butuh berdirinya pabrik”tambah Sri.
Selain itu berdirinya pabrik juga dianggap sebagai bentuk eksplorasi alam oleh pemilik modal. Namun, masyarakat siap berperang melawan segala bentuk penjajahan yang dilakukan oleh kaum kapitalis.
“kami akan tunggu Bupati untuk datang dan membatalkan ijin Amdal dan siap melawan penjajah asing” tegas Riyanto.
Adapun yang menjadi tuntutan Warga Kendeng yaitu :
1.      Aparat penegak hokum harus menyelidiki indikasi “bisnis rekomendasi” yang dilakukan oleh komisi penilai Amdal Kabupaten Pati.
2.      Bupati harus mencabut Ijin Lingkungan rencana pembangunan pabrik dan tambang semen PT. SMS yang sudah di keluarkan.
3.      Pemkab Pati harus menghentikan segala kegiatan persiapan pembanguanan pabrik dan tambang semen PT. SMS, baik kegiatan dilapangan  maupun proses- proses perijinan. [Eko.S]

You may also like

Sulitnya Warga Tamansari Bertahan di Rumahnya Sendiri

Program Rumah Deret membawa beragam petaka. Warga RW