Potret Aksi IWD Yogyakarta

379
dok/ufi

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD), massa aksi yang tergabung dalam aliansi IWD melakukan aksi damai di Tugu Yogyakarta, pada Selasa (08/03/2022).

IWD diperingati setiap tanggal 8 Maret, sebagai momentum melawan segala bentuk diskriminasi, kekerasan, intimidasi, penindasan, marginalisasi serta bentuk lainnya yang masuk kedalam penodaan terhadap nilai kemanusian. 

Pada peringatan IWD 2022, dikutip dari laman resmi International Women’s Day, slogan #BreakTheBias diusung untuk mehilangkan bias pada diri perempuan, sedangkan IWD Yogyakarta mengusung tema “Bersama Perempuan Melawan Diskriminasi, Kapitalisme, dan Kekerasan Seksual”. 

Dilansir dari perss rilis aksi, faktor yang melatarbelakangi tema tersebut yaitu berangkat dari keprihatinan terhadap maraknya kasus kekerasan seksual yang hingga saat ini belum hadirnya payung hukum yang mampu mengakomodir segala kebutuhan korban.

Selain itu, peserta aksi juga membawa berbagai macam poster tuntutan, spanduk, bendera sebagai bentuk penyampaian pesan kepada seluruh masyarakat ataupun pemerintahan. Bentuk properti lain seperti selendang atau pakaian yang dikenakan juga termasuk cara mereka melepaskan ekspresi dalam bentuk kebebasan berpakaian kelompok minoritas yang kerap di diskriminasi, intimidasi, dan dikriminilisasi oleh masyarakat umum maupun pemerintah.

Aksi dimulai pada Pukul 13.00 WIB hingga matahari Jogja mulai menghilangkan cahaya nya.

Fotografer: Fauzi Al Harits

Penulis: Pikri Hafizh

Editor: Lutfiana Rizqi Sabtiningrum

You may also like

Menggapai Keindahan Melalui Pernikahan yang Berkeadilan

lpmrhetor.com- “Keputusan apapun itu di dalam hidup harus