Memperbaiki Orientasi Pembangunan yang Berkeadilan

Seminar HAM, Membangun Orientasi Pembangunan yang Berkeadilan

lpmrhetor.com, FDK – Selasa (06/12). Program pembangunan pemerintah dinilai tidak memihak rakyat dan justru menjadi pangkal dari banyaknya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Sebagaimana apa yang dikatakan Hadi Mulyono, ketua panitia Seminar HAM yang bertema “Membangun Orientasi Baru Pembangunan Berkeadilan”. Seminar yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas (KBMF) dan bertempat di Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini merupakan bentuk penyikapan terhadap pelanggaran HAM khususnya di ranah pembangunan.

Dalam diskusi yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut, pembahasan diawali oleh Ahmad Haedar. Aktivis Front Perjuangan Demokrasi tersebut mengusung  pembacaan seputar pelanggaran HAM di sektor lokal. Fokus diskusinya adalah pada pembangunan New Yogyakata Internasional Airport (NYIA), terutama menyoal dampak sosial, pelanggaran agraria dan juga pelanggaran HAM di masyarakat.

Rangkaian diskusi dilanjutkan dengan materi post-pembangunan, HAM dan Islam. Materi itu disampaikan oleh Muhammad Al Fayyat selaku Redaktur Islam Bergerak. Diskusi ditutup oleh Abdur Rozaki yang membawa pembacaan tentang pelanggaran HAM secara umum. Di dalam diskusinya, dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi tersebut sempat mengulas perihal dampak pembangunan terhadap sosial budaya serta HAM dalam masyarakat.

“Pembangunan sekarang ada di mana-mana, meskipun ada pertukaran ekonomi, tapi tradisi dan budaya itu kan tidak bisa dibeli dengan uang. Pembangunan ini sangat tidak netral,” ungkap Abdur Rozaki. Peneliti IRE itu juga mengatakan bahwa pembangunan ini bagi rakyat jadi bahasa duka, sedangkan bagi elit itu akan jadi bahasa kuasa.[]

 

Reporter : Ika Nur Khasanah

Editor : Fahri Hilmi

You may also like

Aliansi Mahasiswa Jogja Gelar Aksi Tolak IMF-Bank Dunia

lpmrhetor.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi