Iwan Fals, Hipnotis Penonton dengan Lagu Tentang Asap


“Iwan Fals dan Band menyerukan peduli lingkungan dihadapan para penonton. hal tersebut bertepatan dengan konsernya di yogyakarta dalam acara Passion Villle 2015 di Stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (24/10)”. (Doc: Rhetor-ES)

(Rhetor_Online-UIN). Keprihatinan terhadap musibah asap memang menjadi kepedulian semua orang Indonesia. Bukan hanya masyarakat Sumatera, Kalimantan, hingga Papua, bahkan musisi Senior Iwan Fals juga dengan sigap membuat lagu tentang suasana bencana asap.

Hal tersebut dibuktikan saat berlangungnya konser Iwan Fals dan bandnya dalam acara PassionVille 2015 semalam di stadion Kridosono Yogyakarta, Sabtu (24/10), Ia membawakan lagu tentang asap. Lagu yang dinyanyikan di ikuti ribuan penonton dengan secara bersama-sama menyalakan korek api dan duduk ketika sang idola menyanyikanya lagu tersebut.
Bagi musisi legendaris tersebut, kepedulian atas kondisi sosial harus ditanamkan oleh semua kalangan. Ia menyindir dengan tindakan sekelompok orang yang dengan sengaja membakar hutan demi kepentingan.  “Hutan yang dibakar demi kepentingan sekelompok orang” sindirnya di hadapan penonton.
Sebelumnya, dalam konferensi pers yang dilangsungkan di hotel Melia Purosani, Jum’at (23/10), orang yang akrab di sapa bang Iwan tersebut mengaku mendapat pertanyaan dari salah seorang wartawan. “apakah nanti dalam konser juga akan membawakan lagu tentang asap bang,” tanya salah seorang wartawan. Ia juga mengaku pertanyaan tersebut yang mampu membuatnya gelisah dan kepikiran atas pertanyaan itu.
 “semalam saya terus terfikirkan dengan pertanyaan itu, kemudian saya tanya kepada band saya, gimana siap gak bawakan lagu itu? ” katanya lagi.
Benar saja didepan ribuan penonton pelantun lagu Bongkar tersebut menjawab pertanyaan dengan membawakan lagu yang dimaksud.  “gimana, mau denger gak lagu itu,”  tanyanya kepada para fans. Pertanyaan yang dijawab mau dengan serentak oleh para penonton. Secara sepontan lagu yang dibawakan turut membawakan suasana hening ditengah acara.
 “habis asap terbitlah sawit” merupakan kritikan yang disampaikan dalam lirik lagu tersebut dan disambut dengan tepuk tangan para penonton. Pemilik nama asli Virgiawan Listanto tersebut juga berharap agar pemerintah segera bertindak atas peristiwa asap agar tidak semakin banyak lagi korban yang terkena ISPA.
“pemerintah harus segera bertanggungjawab,” harapnya dalam lirik lagu lanjutan yang dibawakan.
Selama konser berlangsung suasana tetap damai. Sepanjang acara pria kelahiran Jakarta 03 September 1961 ini juga banyak membawakan lagu-lagunya yang bertema atas kondisi sosial seperti bunga trotoar, bongkar, tak kenal maka tak sayang,Oemar Bakrie, Bento dan bung karno.
Konser tersebut dimulai sejak pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 23.00 WIB. Hingga lagu terakhir dinyanyikan acara berlansung damai. Para penonton pulang dengan tertib. [ES]

You may also like

Menuntut UGM Tuntaskan Kasus Kekerasan Seksual

UGM dituntut menangani kasus Agni secara serius dan