Diduga Maladministrasi, Penerbitan Pergub No.1/2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum Dilaporkan ke Ombudsman

lpmrhetor.com – Aliansi Rakyat untuk Demokrasi Yogyakarta (ARDY), melaporkan Gubernur Provinsi DIY kepada Ombudsman Republik Indonesia (ORI) atas dugaan maladministrasi dalam prosedur penerbitan Pergub No.1/2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka. Laporan tersebut disampaikan secara langsung kepada ketua ORI Yogyakarta, Budhi Masruri pada rabu (27/01/2020), di kantor ORI perwakilan DIY.

“Kami melihat ini pergub yang cenderung terbitnya sembunyi-sembunyi dan mengabaikan partisipasi masyarakat sebagaimana sudah diatur dalam UU yang berlaku di Indonesia,” jelas perwakilan ARDY, Yogi Zul Fadhli.

Yogi menjelaskan, sebelum pergub diterbitkan, mestinya naskah rancangan pergub harus disampaikan sejak awal dan secara terbuka kepada masyarakat. Hal ini sesuai asas keterbukaan yang tercantum dalam UU No. 12 Tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan.

Shinta Maharani yang juga perwakilan ARDY menambahkan, selain maladministrasi, substansi pergub tersebut juga merugikan masyarakat sipil dengan membatasi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya.

“Pergub larangan demokrasi di kawasan malioboro ini jelas merugikan masyarakat sipil, dan ini jelas menjadi mindset yang buruk untuk kehidupan demokrasi di Indonesia,” jelas Shinta.

Menanggapi laporan dari ARDY, Budhi Masruri menyatakan pihak ORI masih akan mendalalami dan memproses laporan yang diajukan. Ia menambahkan, hasil baru akan disampaikan paling lama satu minggu setelah laporan diterima.

Selain kepada ORI, Wahyu yang juga perwakilan ARDY menyatakan, pihaknya akan melaporkan gubernur DIY kepada Komnas HAM, terkait dugaan pelanggaran HAM yang terkandung dalam substansi pergub.

“Soal-soal substansi, misalnya penghidupan militerisme dan lain-lain itu ke depan akan kami sampaikan ke teman-teman di komisi hak asasi manusia,” jelas Wahyu. []

Reporter: Khusnul Khotimah

Editor: Lutfiana Rizqi S

You may also like

Photo Story: #GejayanMemanggil ‘Selamatkan Warga Yogya’

lpmrhetor.com – Sabtu (09/10) masa aksi yang terdiri