Bedanya akademik.uin-suka.ac.id Dengan balance.akademik.uin-suka.ac.id Apa?


Doc: SIA UIN-SUKA

 Oleh : Emy Rosiana

Masa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) di UIN (red: UIN Sunan Kalijaga) belum berakhir. Setelah sistem informasi akademik mengalami masalah dan error karena banyaknya mahasiswa yang mengakses laman SIA, kini pihak kampus kambali memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penginputan KRS. Masa penginputan dan revisi diperpanjang dari tanggal 29 januari- 5februari 2016.
Melalui laman baru balance.akademik.uin-suka.ac.id yang disediakan, mahasiswa berharap bisa dengan lancar melakukan penginputan dan revisi. Namun pada kenyataannya, tetap saja mahasiswa masih mengalami kesulitan untuk mengakses laman akademik. Dengan berbagai alasan dari server sehingga mahasiswa tidak bisa log in. Meski pun penginputan dilakukan berdasarkan jadwal per jurusan, namun tidak menjamin laman SIA mudah diakses oleh mahasiswa.
Banyak ‘alasan’ yang ditampilkan oleh sistem saat mahasiswa hendak melakukan log in. Program studi belum memiliki jadwal pengisian KRS, username tidak valid, bahkan sampai mahasiswa belum membayar tagihan SPP. Padahal jelas-jelas mahasiswa telah melakukan pembayaran. Karena jika belum melakukan pembayaran, tentu mereka belum bisa untuk menginput KRS.
Jika sitem sudah seperti ini, siapa yang harus disalahkan. Apakah sistem atau pelayanan dari kampus? Tentu sistem tidak bisa disalahkan karena sistem hanya menjalankan tugas sesuai dengan kapasitasanya. Namun di sisi lain, sistem dipaksa bekerja diluar batas kemampuannya.
Ada apa dengan pelayanan kampus UIN tahun ini. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih tentunya semakin memudahkan mahasiswa dalam mengakses laman online. Namun faktanya, pihak kampus hanya mempu memberikan pelayanan segitu-gitu saja,padahal, di sisi lain mahasiswa menginginkan mendapat pelayanan yang lebih baik. Apakah ini yang dikatan ketidak seimbangan antara bayaran dengan fasilitas yang diterima. UKT murah, pelayanan kampus juga “murah”. Perjuangan mahasiswa mengkases laman SIA untuk menginput KRS semoga tidak di’SIA-SIA’kan lagi.

You may also like

Santri dan Perjuangan Menolak Mahalnya Biaya Pendidikan

Oleh : Ahmad Hedar Berperang menolak dan melawan