3 tempat wisata di Pati yang sayang Jika dilewatkan


Oleh: Syihabuddin

 Indonesia memang surganya wisatawan, setelah sebelumnya kita mengetahui beberapa tempat untuk menghabiskan liburan, dari Pati Jawa Tengah juga tidak mau kalah menawarkan potensi alamnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ya, setidaknya ada beberapa tempat yang meski anda kunjungi ketika melewati atau bahkan sengaja mengunjungi kota Bumi Mina Tani tersebut.

1.      Goa Pancur Kayen
Doc: wordpress.com
Goa Pancur  ini terletak di selatan kota Pati, tepatnya Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan jarak kurang lebih dua puluh kilometer dan dengan waktu tempuh sekitar tiga puluh menit saja,
Wisata alam ini secara geografis terletak di pegunungan Kendeng yang merupakan salah satu pegunungan kapur / karst di jawa tengah. Goa pancur sangat indah untuk dikunjungi, dengan sungai yang mengalir di bawahnya dan diatas gua ada bebatuan stalagtit yang menggantung. Di luar goa ada semacam waduk yang dapat anda nikmati dengan santai untuk melepas penat.
Adanya wisata tersebut mendongkrak popularitas wisata di Pati. Selain itu adanya keindahan alam tersebut juga membantu warga kayen untuk menambah penghasilan dengan menjual makanan disekitar wisata Goa pancur tersebut.
2.      Kebun Kopi Jolong
Doc: googleusercontent.com
Satu lagi objek wisata alam pati yang tak kalah menarik yaitu Kebun Kopi Jolong yang terletak di Desa Jolong di Kecamatan Gembong. Tempat tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu tempuh kurang lebih empat puluh lima menit, serta dengan jarak tempuh kurang lebih dua puluh lima kilometer dari pusat Kota Pati.
Mengandalkan pesona alamnya yang mengagumkan, tempat wisata ini cocok untuk kegiatan camping (kemah), outbond dan tentunya agrowisata. Sekilas pemandangannya tidak kalah dengan pemandangan kebun teh di Lembang, Jawa Barat. Rasa capek karena jalan yang kurang terawat akan terbayar lunas saat anda menyaksikan keindahannya, dengan udara yang sejuk dan segar akan merelaksasi tubuh setiap orang yang berkunjung.
Wisata ini selalu ramai karena yang ditawarkan bukan hanya kebun  kopi saja akan tetapi banyak tempat wisata yang menawarkan banyak buah seperti durian, rambutan, jambu, dll karena jaraknya berdekatan. Kebanyakan tempat wisata ini banyak di kunjungi para siswa yang sedang pelantikan pramuka atau LDK (latihan dasar kepimpinan) yang di kerjakan oleh OSIS.
Yang tidak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan, para pengunjung boleh melihat secara langsung proses pembuatan kopi tapi disaat musim kopi.
3.      JWF (Juwana Water Fantasy)
sumber: google
Obyek wisata buatan ini tergolong masih baru, wisata air ini terletak di Jl. Raya Juwana – Rembang, di Kecamatan Batangan. Letaknya yang sangat strategis di pinggir jalan Pantura membuatnya mudah diakses. Dari pusat kota Pati dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar setengah jam, berjarak kurang lebih dua puluh kilometer.
Sekilas obyek wisata andalan Kabupaten Pati ini mirip dengan WBL (Wisata Bahari Lamongan) dari segi pengelolaannya. Disini anda bisa menikmati berbagai wisata air, seperti water boom, water canon dengan harga yang sangat terjangkau. Juwana water fantasy memang layak untuk melepaskan penat anda setelah sepekan bekerja. Banyak pengunjung dari sekitar Pati yang berdatangan seperti Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan.
            Selain tiga wisata tersebut, masih banyak lagi yang perlu anda ketahui keindahanya seperti: Waduk Gunung Rowo, Grenjengan Sewu di Desa Jrahi Gn.wungkal, serta Pantai Banyutowo. 

You may also like

Menjaga Selokan Dengan Budidaya Ikan

lpmrhetor.com – Partisipasi untuk menjaga bumi agar tetap