Battle of Surabaya; Pahlawan adalah Mampu Kalahkan Ego

Ilustrasi film Battle of Surabaya. Sumber: sinarharapan.net

lpmrhetor.com, Yogyakarta – “Semua orang adalah pahlawan. Karena pahlawan adalah mereka yang bisa mengalahkan dirinya sendiri; mengalahkan egonya,” demikian M. Suyanto, Produser Eksekutif Film Battle of Surabaya, pada kegiatan nonton bareng film besutan Aryanto Yuniawan tersebut di gelaran Pameran Komik Kepahlawanan yang diselenggarakan oleh Museum Pendidikan Indonesia (MPI), Universitas Negeri Yogyakarta pada Sabtu (11/11).

Bertindak sebagai salah satu pengisi materi, secara moralis Suyanto melanjutkan, pemuda harus mampu mengalahkan egonya sendiri dan mau berbuat kebaikan. Menurutnya, melakukan kebaikan, walupun kecil, merupakan implementasi dari jiwa kepahlawanan.

“Jadilah anak muda yang mau meninggalkan egonya. [Lalu] mulailah berbuat kebaikan sekecil apapun itu,” katanya.

Sementara itu, masih dalam forum yang sama, Elizabeth, duta MPI, mengatakan bahwa sampai kapanpun pemuda akan menjadi tulang punggung cita-cita bangsa. Ia juga mengatakan, dulu pemuda bergerak dengan berperang melawan penjajah, sementara kini pemuda harus bergerak sesuai dengan apa yang menjadi minat dan bakatnya dalam rangka menggapai cita-cita menjadi Indonesia yang lebih baik.

“Ciptakan kontribusi yang sesuai dengan apa minat dan bakat kita. Karena itu adalah perjuangan yang bisa kita lakukan sebagai pemuda masa kini. Sehingga tidak terjajah untuk yang kedua kalinya,” kata perempuan yang bertindak sebagai moderator itu.

Agenda yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tersebut rencananya akan berlangsung hingga 25 November 2017 mendatang.[]

 

Reporter Magang: Siti Rahmawati

Editor: Fahri Hilmi

You may also like

Menuntut UGM Tuntaskan Kasus Kekerasan Seksual

UGM dituntut menangani kasus Agni secara serius dan