Prihatin dengan Asap, Iwan Fals Kampanyekan Tanam Pohon

Dok : Rhetor/Hadi
(Rhetor_Online-UIN). Terkait asap yang sudah parah di berbagai wilayah di Indonesia, Iwan Fals angkat bicara pada konsernya di stadion kridosono yogyakarta, sabtu malam (24/10) kemarin. Kebakaran hutan yang ada di Sumatra, Kalimantan, Papua, Jawa, dan daerah lain sudah sangat memprihatinkan. Baginya, meski di sana terbakar, tapi kita harus tanam pohon terus sampai mati, seperti yang tertulis pada lagunya yang berjudul Pohon Untuk kehidupan.
            Menurut iwan, pemilik lahan yang membakar hutan itu ternyata bento. “Saya baru tahu kalau ternyata pembakar hutan di sana itu juga bento,” celetuk iwan di lanjutkan penampilannya membawakan lagu bento.
            Dalam penampilan tersebut, iwan terus mengingatkan kepada Oi, sebutan fans fanatik iwan yang hadir agar tetap menjaga hutan. Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto tersebut dalam album paling barunya sedang gencar mengkampanyekan masyarakat untuk menanam pohon. Ia menambahkan, pohon harus di jadikan teman supaya Indonesia dapat menghirup oksigen dengan segar. Berdasarkan fakta yang banyak di beritakan media, sudah banyak korban berjatuhan karena asap.
            Pada kesempatan itu, iwan mempersembahkan catatan kecil tentang asap yang berisi kritikan terhadap pemerintah terkait penanganan asap. Habis terbakar tumbuhlah sawit, begitu salah satu baris dalam catatanya berbunyi.(Hadi M)