Peduli Daerah, Kembara Gelar Baksos


Doc ; Reza/Rhetor
UIN-SuKa, RHETOR_ONLINE – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Banjarnegara (Kembara) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menggelar aksi penggalangan dana Rabu, (26/11). Aksi itu mereka lakukan untuk bakti sosial.  Berlokasi di selatan Fakultas Tarbiyah, sejak pagi mereka  sudah membuka Stand untuk penerimaan bantuan 

Anggota dari Kembara ini adalah mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara yang menjadi mahasiswa di UiN SUKA. Salah satu agenda yang rutin mereka lakukan setiap tahunya adalah Bakti Sosial. Alasan mengapa melakukan bakti sosial di Banjarnegara karena mereka sadar akan pentingnya mencintai tanah kelahiran mereka sendiri. 

“kita berasal dari Banjarnegara dan nantinya kita juga akan kembali kesana, ini adalah bentuk rasa cinta kita kepada daerah asal kita,’’ tutur Lutfan Al Amin selaku ketua panitia.

Dirinya juga berharap agar banyak mahasiswa yang tergerak untuk membantu aksi mereka itu, baik dari uang, pakaian bekas, buku-buku,  atau barang-barang yang dibutuhkan oleh saudara-saudara mereka yang masih kekurangan.

Tak hanya di UIN, untuk mencari tambahan dana mereka juga melakukan ngamen setiap hari minggu di PKL sunmor UGM

Sementara itu, saat ditemui, Amin sugiono selaku ketua dari Kembara mengatakan bahwa setelah dua tahun mereka melakukan baksos, tidak pernah ada sumbangan dana dari pemerintah Banjarnegra walaupun selalu mereka minta. Pada tahun ketiga ini, besar harapan mereka agar pemerintah dapat menyalurkan bantuan untuk acara yang mulia semacam ini.

 “Karena baksos ini adalah untuk membantu warga Banjarnegara, besar harapan kami agar pemerintah dapat ikut serta dalam acara ini” ucap Amin saat saya temui di stan penerimaan bantuan tersebut.[Reza Aji]