Menengok Keajaiban Api Abadi Di Bojonegoro


“Api Abadi Bojonegoro” Doc: Rhetor-Javang
(Rhetor_Online-UIN)Api abadi atau yang biasa disebut Kayangan api merupakan salah satu destinsi wiwisata  yang ada di Bojonegoro. Terletak di desa sendangharjo kecamatan ngasem, tempat tersebut bisa ditempuh sekitar satu setengah jam dari alun-alun kota Bojonegoro kearah selatan.
Keajaiban alam ini merupakan petilasan Ki Kriyakusuma (seorang empu pembuat keris di jaman majapahit). Konon di tempat inilah ki kriyakusuma bertapa sambil menekuni profesinya sebagai ahli pembuat keris. Keris buatanya yang terkenal adalah “Dapurjangkungluktelublongpokgonjo”. Adapun juga tempat sumber mata air   lerang yang dipakai Ki.Kusumo untuk mendinginkan/celupan keris yang sudah jadi, sumber mata air lerang itu disebut banyu blekutuk.
“Dulu Ki Kusuma membuat keris diatas api abadi ini dan setelah keris itu jadi kemudian dibawa kesumber mata air lerang (banyu beklutuk) disana”. Kata surtini, pemilik warung disana.
Kayangan api ini diresmikan menjadi tempat pariwisata di bojonegoro pada pon XV2000, pada hari minggu, 4 juni 2000 sebagai lokasi pengambilan apipon XV 2000 oleh gubernur jawatimur Imam Utomo S. Upacara pengambilan api pon rabu, 7 juni 2000 XV 2000 dikayangan api ds.Sendangharjokec.Ngasemkab.Bojonegoro.
Tempat ini dulunya ramai pengunjung saat masih baru dibuka, namun karna tempat wisata yang terskesan biasa-biasa saja membuatnya semakin sepi. Fasilitas yang kurang memadai untuk tempat bermain membuat sepi pengunjung terutama para orang tua yang mengajak anak-anaknya lantaran tak ada perbaikan pada tempat mainan anak.
“Namun sebenarnya tempat terpencil ini mempunyai catatan sejarah untuk bangsa Indonesia padapon XV 2000 sebagai penyumbang api abadi, karnanya tempat ini cocok untuk napak tilas perjalanan pon XV2000”. Tegas J alaludin selaku pengunjung kayanganapi. [javang kohin pradana]