LKM Expo Jadi Pintu Masuk Investor ke UIN

Mega proyek pembangunan UIN. Febi digadang-gadang akan menjadi proyeksi pelatihan enterpreneurship (24/08). Dok. Rhetor/Nadia

lpmrhetor.com, UIN- Kegiatan Gelar Expo atau Pameran LKM (Lembaga Kegiatan Mahasiswa) yang hendak diadakan pihak Universitas pada hari terakhir PBAK tahun ini, digadang-gadang akan mendatangkan investor untuk menunjang kegiatan mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga.

Ketika dimintai konfirmasi, Yudian Wahyudi, Rektor UIN, mengatakan bahwa kerjasama tersebut diproyeksikan untuk semua program jangka panjang kampus, termasuk kebutuhan kemahasisawaan.

“Itu nanti ada hubungannya dengan kampus, nanti mahasiswa mengajukan proposal ke kampus, nanti mau kerjasama dengan siapa dan nanti kita fasilitasi tempat,” tuturnya usai memberikan sambutan pada agenda PBAK di gedung Multi Purpose (24/08).

Kerjasama tersebut dilakukan sebagai upaya membuka ruang yang luas bagi masuknya investor ke dalam dunia pendidikan. Salah satunya dengan rencana pembangunan UIN Mart. Hal itu diakui oleh Yudian.

“Membuka mart nanti ada anggaran masuk ke BLU (Badan Layanan Umum-red), yang nantinya kita akan bergerak lebih luas, termasuk pembiayaan yang tidak ter-cover oleh APBN,”terangnya

Adanya rencana pembangunan UIN Mart dinilai akan mengancam pangsa pasar yang selama ini dimiliki oleh Koperasi Mahasiswa (Kopma). Namun Yudian mengatakan lain, ia mengaku  Kopma tidak bisa menopang kebutuhan UIN.

“Mereka disana kan cuma menyewa yang setahunnya 5 juta, pemasukan ke UIN nya kurang. Kita kan butuh yang lebih besar,” terangnya lagi.

Ia melanjutkan, setiap kampus diberi kewenangan oleh Menteri Keuangan untuk mencari uang tambahan yang semua itu berada dibawah pengawasan Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama. “Nah, dengan begitu kampus punya keleluasaan termasuk bikin mart itu pake BLU bukan dari APBN,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mencanangkan adanya bentuk kaderisasi di bidang bisnis, yaitu berupa program pelatihan enteurprenership. Program tersebut lebih dikhususkan untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI).

“Akan kami godok, yang nantinya kalian member training kepada adik-adik kalian,” katanya lagi.[]

Reporter: Septia Annur Rizkia

Editor: Dyah Retno Utami