Lembah Tidak Laku, Halaman Fakultas Jadi Lahan Parkir

Halaman Fakultas Dakwah yang dipenuhi kendaraan bermotor.

lpmrhetor.com, UIN Sunan Kalijaga – Rabu (11/30). Halaman Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga telah sejak lama berubah menjadi tempat parkir kendaraan bermotor. Terlihat ratusan kendaraan bermotor berjejeran mempersempit ruang halaman pada setiap harinya. Hal itu tidak lain disebabkan oleh penggusuran lahan parkir, yang sebelumnya berada di sebelah selatan FDK, untuk pembangunan gedung baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Pihak kampus bukan tinggal diam menyikapi situasi ini. Melalui Heri Siswanto, Kepala Bagian Keamanan dan Ketertiban UIN Sunan Kalijaga, pihak kampus telah memberikan alternatif baru untuk kebutuhan parkir mahasiswa, yaitu di lembah kampus timur. Heri mengaku telah melakukan sosialisasi kepada mahasiswa sejak tanggal 18 Agustus 2016.

“Kami sudah sosialisasikan bahwa parkir bisa di lembah. Tapi mungkin entah karena jauh atau apa mereka ndak mau,” kata Heri saat ditemui lpmrhetor.com, Kamis (24/11).

Banyak mahasiswa yang mengeluhkan opsi alternatif tersebut. Salah satunya M. Nabila Hisbul Khirzul Jausan (18), mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Nabila menilai, opsi tersebut hanya akan banyak merugikan mahasiswa.

“Kalau saya disuruh untuk parkir di lembah itu saya rasa terlalu jauh. Belum kalau nanti pas siang itu panas,” ujarnya.

Hingga saat ini, lembah kampus timur masih terlihat lengang tanpa satupun kendaraan yang parkir disana. Halaman fakultas masih menjadi lahan parkir favorit bagi mahasiswa. Beberapa orang petugas parkir bahkan sudah mulai berjaga di halaman fakultas. []

 

Reporter Magang : Fiqih Rahmawati

Editor : Fahri Hilmi