Peringati Kemerdekaan, KMPD UIN SUKA Gelar Aksi Damai

Aksi KMPD di pertigaan UIN Sunan Kalijaga

Rhetor_Online, UIN – Aksi damai dilakukan sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan diri sebagai KMPD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sejumlah massa bergerak dari gedung Student Center sekitar pukul 16.00 WIB dan berkumpul di pertigaan UIN Sunan Kalijaga untuk memulai aksinya pada Jum’at (19/8).

Aksi berlanjut hingga sekitar pukul 17.30 WIB, dan sempat menjadi pusat perhatian para mahasiswa baru yang baru saja selesai mengikuti OPAK. Mereka bertujuan supaya mahasiswa baru sadar akan makna kebebasan serta demokrasi yang sesungguhnya.

Selain berorasi, mereka juga sedikit menyinggung perihal UKT yang semakin meroket melalui poster yang mereka bawa. Di sisi lain mereka menyebarkan sejumlah selebaran sebagai penjelas atas aksi tersebut dengan judul “Mahasiswa untuk Rakyat”.

“Ya, aksi ini sebetulnya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus kemarin. Kemerdekaan itu kan kebebasan, tapi apa sebetulnya kebebasan itu? Sedangkan masih banyak rakyat yang menderita. Kami berharap mahasiswa yang katanya agent of change itu sadar tentang kebebasan dan demokrasi yang sesungguhnya.” tutur Arnis, salah satu peserta aksi yang saat itu memakai balutan kebaya coklat dan tudung petani. []

 

REPORTER : Ika