IKPM JABAR dan Aktivis Lingkungan, Tanam Mangrove di Pantai Samas

Doc: istimewa
Minggu, 7 Juni 2015 – Puluhan mahasiswa yang tergabung di IKPM JABAR (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Jawa Barat) dan Sejumlah aktivis lingkungan bersama melakukan aksi tanam mangrove di kawasan pesisir pantai Samas, Desa srigading, Kecamatan Saden, Bantul, Yogyakarta. Aksi ini di lakukan dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.
Menurut Hilman, ketua IKPM JABAR, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di priode kepengurusannya tahun ini, selain untuk mempererat tali persaudaraan, juga yang terpenting dalam rangka refleksi diri dan lingkungan.
“kegiatan ieu kakarek dilakukeun dikepenurusan urang, keur mempererat dulur-dulur warga Jawa-Barat di Yogyakarta ” (kegiatan ini baru pertama kalu dilakukan di kepengurusan saya, untuk mempererat persaudaraan dengan warga-warga Jawa Barat di Yogyakarta),  kata Hilman.
“kegiatan ieu intina mah keur refleksi diri urang jeung lingkungan, di hari Lingkungan Hidup Se-Dunia” (kegiatan ini dilakkan sebagai refleksi diri dan lingkungan sekitar, di hari Lingkungan Hidup se-Dunia), lanjut pemuda asal Garut ini.
Sancoko, selaku ketua FKPPRS (Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Rejo Sari), ia sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu lembaga-lembaga yang bergerak di wilayah konservasi, khususnya FKPPRS .
“FKPPRS yang sudah berjalan kurang lebih 5 (lima) tahun dan bergerak di wilayah konservasi ini sangat terbantu dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang di alokasikan disini” ujarnya.
Irfan, salah satu mahasiswa asal ciamis, jawa barat mengaku sangat senang sekali bisa ikut serta dalam kegitan ini, ia berharap kegitan seperti ini bisa terus di lanjutkan, sebagai bentuk kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Acara seperti ini perlu dilanjutkan menjadi lebih baik, supaya kita sadar dan perduli akan penghijauan dan lingkungan hidup lainnya”  tambah mahasiswa UIN SuKa semester delapan ini. [Adam]