Goa Kiskendo Destinasi Wisata Kulonprogo

Sumber: eksotisjogja.com

lpmrhetor, Yogykarta –  Goa Kiskendo adalah salah satu tujuan wisata di daerah Kabupaten Kulon Progo. Goa ini menjadi salah satu diantara tempat wisata yang menarik, karena terdapat ornamen goa yang berupa stalaktit dan stalaknit. Goa ini juga menjadi salah satu Geoheritage di Propinsi DIY. Goa Kiskendo juga terdapat tempat yang disakralkan dan terdapat relief cerita wayang di dekatnya. Obyek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan perkemahan karena didukung dengan adanya lahan yang luas dan udaranya sangat sejuk.

Goa Kiskendo ini terletak di Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kulon Progo. Tepatnya sekitar 38 Km dari Kota Yogyakarta atau sekitar 21 Km dari Kota Wates. Mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa goa ini dilatarbelakangi legenda pertempuran Maesosumo-lembusuro melawan Sugriwo-subali dimana dikisahnya diceritakan dalam relief di dinding dekat mulut goa.

Di dalam goa ada beberapa area yang disakralkan dan bisa dipakai untuk ritual seperti pertapaan. Di taman goa ini juga terdapat taman yang luas sehingga cocok untuk tempat wisata bersama keluarga.

Reporter: Adisty

Editor: Eko