Deklarasi Korp Kobar, Tak Melulu Turun Jalan

Kader baru Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tergabung dalam sebuah organisasi Korp Kobar menyelenggarakan deklarasi, Rabu (18/11). Deklarasi ini bertemakan “Negeri Busuk yang Kucinta”. Acara deklarasi yang terbuka untuk umum ini dilaksanakan di area panggung demokrasi mulai pukul 19.00 WIB.

Korp Kobar, sebuah organisasi mahasiswa angkatan 2015 PMII Rayon Ashram Bangsa Fakultas Syariah, menyampaikan aspirasi mereka dengan gaya yang lebih segar dan lebih santai. Pelaksanaan deklarasi biasanya berisi orasi-orasi dengan turun ke jalan, melakukan aksi long march atau lain sebagainya. Namun justru deklarasi yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa ini berisi kreasi-kreasi para mahasiswa yang mewakili tiap-tiap fakultas.

Diawali dengan perwakilan dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya yang menampilkan puisi kritis yang dibacakan oleh saudara Solihin. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan grup musik reggae Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan grup musik pop-rock dari Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Fakultas Syariah sendiri, sebagai tuan rumah, menampilkan sebuah pantomim yang berjudul “PIntu Demokrasi”. Pantomim ini menampilkan tiga orang yang dengan susah payah membuka sebuah pintu.
“Pintu yang sulit dibuka itu adalah sebuah simbol bahwa demokrasi kini sudah tidak lagi transparan dan banyak ternodai kepentingan-kepentingan.” , Kata seorang konseptor pantomim tersebut.

Acara ditutup dengan penampilan grup music reggae Ring Wolu, yang sengaja dipanggil panitia sebagai bintang tamu. [Fahri]