Pesona Pengklik Pantai Samas

675
Pantai Samas

lpmrhetor.com, Yogyakarta –  Pantai Samas merupakan salah satu pantai di Bantul yang telah dikenal lama oleh masyararakat lokal. Awalnya pantai ini sama terkenalnya dengan Pantai Parangtritis. Namun seiring berjalannya waktu, Pantai Samas mulai kehilangan eksistensinya.

Pemerintah setempat mulai menempuh cara agar Pantai Samas tetap diminati oleh para pengunjung. Sebuah laguna yang berada disisi timur pantai menjadi jalan alternatif untuk menghidupkan kembali Pantai Samas. Kemudian terbentuklah Pesona Pengklik Pantai Samas yang dulunya hanyalah sebuah dermaga kecil laguna.

Di Pengklik ini terdapat sebuah bangunan tingkat (gardu pandang) yang dapat dimanfaatkan untuk melihat laguna ataupun pantai dari ketinggian. Saat ini pembangunan telah selesai dan pengunjung bisa menikmati beberapa wahana yang ada seperti wahana permainan anak, wisata air (perahu), kuliner apung, minimarket dan tersedia pula teropong. Bagi yang mempunyai hobby memancing bisa mencobanya di area spot sisi timur dari Pengklik.

Berkunjung ke wisata Pengklik tak banyak merogoh kocek. Pengunjung hanya diwajibkan membayar uang parkir. Namun bagi yang ingin mencoba wisata air dengan menaiki perahu, cukup dengan mengeluarkan Rp.10.000/perahu saja pengunjung sudah bisa menikmatinya. “ Lumayan mbak saat naik perahu kita bisa sambil selfie” ungkap Siska seorang siswi SMA yang berkunjung bersama teman-temannya.

Rute menuju wisata pengklik ini sangat mudah ditempuh. Dari pojok beteng kulon, pengunjung hanya perlu lurus kearah selatan sekitar 20km sampai memasuki gapura retribusi dan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS). Dari situ pengunjng sudah bisa melihat wisata pengklik Pantai Samas. []

 

Reporter: Amelia Julitasari

Editor: Eko S.

You may also like

Hura-Hura Hari Pers, dan Tirto Tenggelam

Mengenang dan merefleksikan; Memukuli penguasa. Bebas dan berani.